Rabu, 30 November 2011

koloid


Apabila kita mencampurkan gula dengan air, ternyata gula larut dan kita memperoleh larutan gula. Di dalam larutan, zat terlarut tersebar dalam bentuk partikel yang sangat kecil, sehingga tidak dapat dibedakan lagi dari mediumnya walaupun menggunakan mikroskop ultra. Larutan bersifat kontinu dan merupakan sistem satu fasa (homogen). Ukuran partikel zat terlarut kurang dari 1 nm (1 nm = 10–9 m). Larutan bersifat stabil (tidak memisah) dan tidak dapat disaring.
Di lain pihak, jika kita mencampurkan tepung terigu dengan air, ternyata tepung terigu tidak larut. Walaupun campuran ini diaduk, lambat laun tepung terigu akan memisah (mengalami sedimentasi). Campuran seperti ini kita sebut suspensi. Suspensi bersifat heterogen dan tidak kontinu, sehingga merupakan sistem dua fasa. Ukuran partikel tersuspensi lebih besar dari 100 nm. Suspensi dapat dipisahkan dengan penyaringan.
Selanjutnya, jika kita mencampurkan susu (misalnya, susu instan) dengan air, ternyata susu “larut” tetapi “larutan” itu tidak bening melainkan keruh. Jika didiamkan, campuran itu tidak memisah dan juga tidak dapat disaring (hasil penyaringan tetap keruh). Secara makroskopis campuran ini tampak homogen. Akan tetapi, jika diamati dengan mikroskop ultra, ternyata masih dapat dibedakan partikel-partikel susu yang tersebar di dalam air. Campuran seperti inilah yang disebut koloid. Ukuran partikel koloid berkisar antara 1 nm – 100 nm. Jadi, koloid tergolong campuran heterogen dan merupakan sistem dua fasa.
No.
Larutan
Koloid
Suspensi
1.
Ukuran partikel kurang dari 10-7 cm
Ukuran partikel antara 10-7– 10-5 cm
Ukuran partikel lebih dari 10-5 cm
2.
Terdiri dari satu fase
Dua fase
Dua fase
3.
Penyebarannya permanen
Ada kecenderungan mengendap
Mengendap dengan cepat
4.
Partikel tidak tampak pada ultramikroskop
Partikel tampak pada ultramikroskop
Partikel tampak oleh mata dan dapat dilihat dengan mikroskop
5.
Dapat melewati saringan dan membran semipermiabel
Dapat melewati saringan, tidak dapat melewati membran semipermiabel
Dapat disaring oleh saringan dan tidak dapat melewati membran semipermiabel


Tidak ada komentar:

Posting Komentar